Kamis, 24 September 2015

Jangan Berburuk Sangka


Seorang pegawai keluar dari kantornya dengan menjinjing tas yang berisi dokumen-dokumen, melirik istana Kaisar dengan kubah yang bersinar lalu berpikir "sayang sekali saya tidak dilahirkan dari keluarga kerajaan, kalau saya lahir dari keluarga kerajaan mungkin hidup saya akan bahagia"...

Lalu pegawai tersebut pergi ke pusat kota yang bising dengan teriakan-teriakan pekerja dan benturan palu...


Para pekerja sedang membangun gedung baru tepat di tengah alun-alun. Salah satu dari mereka melihat pegawai yang menjinjing tas tadi lalu berfikir "mengapa dulu saya tidak pergi belajar seperti yang ayah saya katakan, kalau dulu saya belajar mungkin sekarang  saya mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang mudah, menulis surat sepanjang hari, dan hidup saya akan lebih bahagia"...

Pada waktu yang sama Kaisar menuju jendela istananya dan melirik ke alun-alun. Dia melihat pegawai, pekerja, salesman, pembeli, anak-anak dan orang dewasa, dan berfikir bahwa berada diudara terbuka sepanjang hari merupakan hal yang baik, melakukan pekerjaan fisik, bekerja kepada orang lain. ataupun hanya menjadi seorang gelandangan...

Tidak melulu harus memikirkan tentang politik dan pertanyaan-pertanyaan sulit lainnya, "hidup sederhana seperti orang-orang sederhana itu harus dimilikinya" bisik Kaisar...

Semoga menginspirasi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar